Sunday, May 3, 2015

Trik Jitu Supaya Anda Tak Berlama-lama Mengakses Media Sosial

Media sosial melalaikan Anda.
Image courtesy of bplanet
at FreeDigitalPhotos.net
Berapa lama Anda habiskan waktu mengakses media sosial setiap hari? Lebih dari 1 jam? 2 jam? Lebih lama? Oh, jika demikian Anda telah melewatkan banyak waktu secara sia-sia.

Saat Anda merasa ingin mengurangi intensitas untuk mengakses media sosial Anda harus mulai berbenah, melakukan perubahan dan melakukan trik-trik jitu. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, apa saja? Ini dia!

1. Pakai batas waktu
Bagaimanapun media sosial perlu Anda akses untuk mengecek pesan masuk dan notifikasi dari teman Facebook Anda, terlebih jika pekerjaan Anda tidak bisa tanpa media sosial. Namun, jika sebelumnya Anda tidak memakai batas waktu sekarang terapkanlah batas waktu. Dengan cara ini Anda bisa mengontrol diri Anda berapa lama waktu yang boleh Anda pakai.

Untuk mengecek pesan masuk, notifikasi dan melihat kabar berita 5 menit sudah cukup. Jika masih kurang tambah 2 menit lagi. Itu artinya, membuka Facebook jam 10.00 maka jam 10.05 sudah harus ditutup. Ampuh atau tidak trik ini semua tergantung pada diri Anda, apakah mau berubah atau tidak.

2. Tetapkan batas maksimal
Untuk untuk tidak berlama-lama mengakses media sosial Anda harus menetapkan batasan maksimal berapa kali sehari. Jika sebelumnya Anda mengakses lebih dari 10 kali dalam sehari maka mulai hari ini kurangi menjadi 5 kali. Hari-hari berikutnya menjadi 3 kali sehari sampai 1 kali sehari. Awalnya mungkin terasa berat tetapi dengan kemauan kuat pasti bisa.

Tipsnya, isi waktu kosong Anda dengan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan Anda tetapi ada manfaatnya seperti membaca buku, les, mengasah keahlian Anda, belajar memasak dari buku resep atau apa saja yang bisa mengalihkan pikiran Anda dari media sosial.

3. Update status jika perlu
Salah satu yang mendorong Anda untuk tidak sabar mengakses media sosial adalah karena status yang Anda buat. Anda merasa penasaran berapa like-nya dan apa komentar-nya? Semakin banyak status baru setiap harinya semakin kuat dorongan untuk mengeceknya, akhirnya waktu Anda mengakses media sosial semakin lama.

No comments:

Post a Comment