Sunday, March 8, 2015

Video Menyelenggarakan Jenazah dari Awal Sampai Akhir di YouTube

Menyelenggarakan jenazah membutuhkan tuntunan sesuai sunnah dengan mendasarkan pada hadits-hadits shahih dan meninggalkan hadits yang tidak shahih. Setidaknya itulah yang ditekankan dalam video ini. Sebelum membahas tata cara mengurus jenazah video ini juga menjelaskan hukum-hukum tentang orang sakit (saat berobat, menjenguk, bersabar saat sakti) dan menghadapi orang yang sedang sakaratul maut.

Video berdurasi 2 jam 31 menit 35 detik ini direkam oleh rodjatv yang disampaikan oleh ustad Abu Yahya Badrusalam, Lc bertempat di Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq beralamat Jl. Akasia (depan Pom Bensin Maharta) Tajur, Ciledug, Tangerang. Video ini diberi judul Ahkamul Janaiz: Tuntunan Sunnah Mengurus Jenazah. Sebelum praktek diawali pemaparan teori berupa langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengurus jenazah selama hampir satu sentengah jam.

Berikut videonya:


Praktek memandikan tak menggunakan batang pisang atau atau boneka melainkan langsung ke salah satu anggota jamaah sehingga benar-benar seperti nyata. Begitu juga saat mengafani juga dipraktekkan ke salah satu jamaah.

Orang yang memandikan harus memiliki 2 sifat: ikhlas dan menjaga amanah-rahasia. Seorang muslim haram dighibah (digunjing) baik saat hidup maupun telah meninggal. Air yang digunakan harus suci dan mensucikan dan mubah (tidak hasil curian).

Memandikan mayat dilakukan di tempat tersembunyi. Jika mayat perempuan aurat yang ditutup dari dada sampai lutut, jika laki-laki dari pusat sampai lutut. Tempat pemandian bagusnya miring agar kotoran-kotoran mudah keluar.

Kunci memandikan jenazah sama persis seperti mandi junub.

No comments:

Post a Comment