Monday, March 16, 2015

Cara Menyaring Konten Eksplisit di YouTube

YouTube merupakan media sosial untuk berbagi video yang bisa diakses dari segala penjuru dunia. Dengan menggunakan akun Google (Gmail) setiap orang bisa mengupload video hasil rekaman kualitas rendah hingga kualitas tinggi. Tidak dibutuhkan akun Google untuk sekedar menonton video.

Konten video
Hampir semua hal ada di YouTube, mau memasak, video persiapan pernikahan, nonton video bola, lihat perkembangan teknologi terkini, toturial, dan masih banyak lagi. Tinggal mengetik kata kunci video, YouTube akan memberikan hasil beragam.

Video diupload pengguna
YouTube bergantung kepada pengguna, tanpa pengguna YouTube tidak akan berkembang. Semakin banyak video yang diupload dan semakin banyak yang menonton maka YouTube semakin jaya. Menurut statistik YoTube saat tulisan ini dibuat:

1. YouTube memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.
2.  Setiap hari orang menonton selama ratusan juta jam di YouTube dan menghasilkan miliaran penayangan.
3.  Jumlah jam tontonan di YouTube setiap bulan naik 50% dari tahun ke tahun.
4.  Video senilai 300 jam diupload ke YouTube setiap menit.

Konten eksplisit
Seperti yang dijelaskan di awal, YouTube bergantung kepada pengguna yang mengupload video sehingga tidak semua video yang diupload pantas ditonton (konten eksplisit). Untuk itu, Anda dan keluarga Anda yang mengakses YouTube perlu mengaktifkan Mode Perlindungan:Aktif

Cara kerja
Saat Mode Perlindungan:Aktif, YouTube menyaring video yang dinilai berisi konten eksplisit  dan tidak akan ditampilkan untuk Anda. Meksipun, keakuratannya tidak 100% namun membantu menjaga Anda dan keluarga Anda dari video tak pantas.

Cara mengaktifkan Mode Perlindungan
Kunjungi YouTube.com (lewat browser) dan geser ke halaman bawah. Pada Keamanan pilih Aktif. Anda mungkin disuruh memasukkan password akun Gmail Anda. Klik Simpan untuk mengakhiri.

Screenshot:
Mode Keamanan:Aktif (bagian kanan atas).

No comments:

Post a Comment